TIPS CARA MUDAH MEMBUAT DESAIN KEMASAN PRODUK


Eye catching packaging design satu istilah sederhana namun sulit untuk diterapkan. Hal ini menyangkut cara mudah membuat desain kemasan produk yang menjadi syarat utama tingginya penjualan tentunya berdasar pada pemikiran bahwasanya keinginan membeli seseorang datang dari matanya dalam arti cinta pada pandangan pertama. Dan yang membuat seseorang itu kembali untuk membeli adalah rasanya atau kualitas dari produk.

Desain kemasan produk sangat berperan penting dalam penjualan dan jika didukung oleh kualitas produk yang baik maka rutinitas penjualan akan terus meningkat dari hari ke hari. Tingginya penjualan ini menjadi tujuan utama bagi seorang pengusaha baik UKM maupun usaha besar.
Perlu diingat BRAND tidak menjadi penentu suksesnya penjualan tapi desain kemasan produk yang memukaulah yang menjadi tolok ukur ketertarikan konsumen untuk membeli

Seorang pengusaha yang akan mulai usahanya harus benar-benar mempertimbangkan desain kemasan produk yang menarik konsumen untuk membeli, untuk itu berikut kami paparkan beberapa tips cara mudah membuat desain kemasan produk sederhana yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan bagi penyedia jasa desain kemasan atau pengusaha UKM untuk membuat desain kemasan produk.

1.    Jadikan Prioritas Utama
Top Priority – Lakukan pembuatan desain kemasan ditengah proses pengembangan produk hal ini dilakukan. Buatlah sebuah sketsa dari beberapa ide anda untuk mendapatkan  gambaran hasil akhir dari produk anda, cara ini mungkin akan memaksa anda sedikit berkeringat untuk menuangkan harapan anda pada produk tersebut. untuk mencari informasi tentang dunia luar maupun persaingan untuk produk sejenis anda bisa melirik target pasar konsumen, cara ini sangat berguna karena konsumen dapat memberikan sekilas gambaran tentang apa yang mereka inginkan

2.    Pegang Teguh Kesederhanaan
Keep It Simple – Para desainer mungkin lebih sering mengucapkan kalimat ini. Yang perlu diingat adalah kemasan produk harus memberikan apa yang seharusnya disajikan. Pada desain kemasan harus terdapat gambaran detail mengenai produk yang dijual dan peringatan yang berlaku

3.    Pertimbangkan Branding dan Positioning
Branding and Positioning adalah saudara kembar yang tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan, hal ini menyangkut target pasar yang dituju yang juga masuk didalamnya adalah harapan konsumen kepada produk tersebut ini juga sangat menjadi satu langkah yang sangat efektif dan tidak kalah pentingnya adalah selalu melihat competitor anda karena produk anda akan menjadi besar dengan mempelajari saingan anda namun tetap dengan cara sehat ya.

4.    Tentukan Cara Penjualan
Penjualan produk saat ini dilakukan dengan 2 cara yaitu online dan offline tentunya kedua cara tesebut tidak sama jika secara offline konsumen dapat menyentuh produk secara fisik tidak sama halnya dengan penjualan online, sehingga desain kemasan tersebut harus lebih menarik bagi indra tertentu.

Jika secara offline anda harus mempersiapkan desain kemasan yang semenarik mungkin bagi konsumen. Hal ini diasumsikan produk anda akan berada di etalase atau rak supermarket yang tentu saja akan berdampingan dengan produk sejenis lainnya. Jika desain kemasan anda tidak menonjol diantara yang lain dapat dipastikan produk anda akan gagal

Jika secara online  konsumen tidak dapat merasakan dan menyentuh produk sebelum membeli maka hal ini menjadi pertimbangan besar untuk membuat desain kemasan semenarik mungkin sehingga konsumen dapat jatuh cinta pada pandangan pertama.

5.    Tetap Fokus Pada Tipografi
Bentuk teks yang ada pada desain kemasan harus terpampang dengan jelas dan dapat dengan mudah dibaca dari jarak dekat maupun jarak jauh. Warna teks juga harus menyatu dengan warna desain kemasan produk. Cara ini juga harus memberikan tempat untuk keterangan yang lebih penting tentang produk anda dan mentiadakan teks yang berlebihan atau mungkin seharusnya tidak perlu.

Sebab konsumen ingin membeli produk bukan mau membaca buku cerita tentunya.

Untuk lebih memahami tipografi anda dapat membaca tulisan saya berikutnya

PENGERTIAN TIPOGRAFI DAN TEHNIK PENYUSUNANNYA

6.    Kunci Perhatian Konsumen
Perhatian konsumen sangat penting namun sampai pada mereka memutuskan untuk membeli tentunya tidak terjadi dalam waktu singkat apa lagi jika produk anda adalah produk baru dipasaran hal ini tentunya membutuhkan waktu sehingga desain kemasan tersebut tidak seharusnya memberikan kesan tren atau warna yang berlebihan untuk menghindari ketidaknyamanan akan sebuah desain kemasan. Anda harus mampu memberikan keseimbangan yang sempurna pada desain kemasan anda untuk mempertahankan loyalitas konsumen.

7.    Anggap Sebuah Investasi
Anggaplah membuat sebuah desain kemasan produk anda tersebut menjadi bagian dari sebuah investasi jangka panjang sebab desain kemasan yang berkualitas tinggi akan memberikan keyakinan bagi konsumen bahwa sebenarnya mereka membeli sebuah produk yang bernilai. Yang perlu diingat bahwasannya kemasan mewakili brand sebuah produk/usaha dan jika desain kemasan yang kurang menarik maka konsumen akan memberikan nilai rendah terhadap produk anda hal ini tentu berdampak sangat buruk pada usaha anda.

Dengan memahami TIPS CARA MUDAH MEMBUAT DESAIN KEMASAN kami yakin anda sudah mulai memikirkan perubahan apa yang harus dilakukan pada desain kemasan anda agar lebih menarik dan memiliki nilai jual.

Silahkan tinggalkan komentar anda . . .
EmoticonEmoticon