Tips Desain Kemasan Produk


Desain Kemasan Produk. Sebelumnya dalam Cerita Desain telah membahas mengenai Tips Cara Mudah Membuat Desain Kemasan Produk dan kali ini kami menambahkan beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang akan membuat desain kemasan produk.

Seringkali seorang desainer mendapat tuntutan dari klien untuk menjadi desainer yang serba bisa dalam memenuhi keinginan dan harapan klien, hal tersebut tidak salah dikarenakan seorang klien selalu berpendapat bahwa desainer adalah sosok pelaku desain yang memiliki keahlian serta kemampuan yang dapat diandalkan utamanya bagi klien yang membutuhkan desain kemasan produk mereka. Sudut pandang klien ini menjadi pertimbangan bagi seorang desainer untuk dapat selalu siap memberikan yang terbaik pada kliennya.

Desain Kemasan Produk
Pada Cerita Desain kali ini kami membahas masalah desain kemasan produk yang kebutuhan pertahunnya semakin meningkat dikarenakan meningkatnya pertumbuhan UKM ditengah masyarakat saat ini, disini kami memberikan gambaran secara umum mengenai beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam membuat desain kemasan produk. Acapkali seorang klien yang bertandang ke tempat kami datang dalam keadaan bingung dan mendapat jalan buntu mengenai desain kemasan produk yang akan mereka buat karena minimnya pengetahuan dan keinginan untuk menonjolkan produk mereka. 

Terkadang jika ditanya "bapak/ibu ingin desain kemasan produk seperti apa (menanyakan bentuk / warna)", klien menjawab "apa aja mas yang penting bisa ada bungkusnya" :) hal tersebut tidak salah namun jika dibiarkan berlarut-larut pada akhirnya produk negeri tercinta ini Indonesia tidak dapat bersaing dengan produk-produk pendatang dari luar negeri ataupun dari produsen besar dalam negeri yang notabene sebagian besar adalah orang luar negeri yang mengadu nasib di Indonesia. 
Mengapa desain kemasan produk harus dibuat sebaik mungkin?? pertanyaan ini selalu dilontarkan oleh klien yang tidak mau terbebani kesulitan membuat desain kemasan produk. Singkatnya desain kemasan produk apapun dibuat semenarik mungkin agar terlihat lebih menonjol diantara produk lain yang serupa sehingga dapat lebih menarik konsumen untuk membeli. Dapat dibayangkan jika kita memiliki produk yang sama dengan produsen lain kemudian mereka membuat desain yang unik ataupun ukuran yang lebih besar dibandingkan produk kita yang terkesan polos tanpa corak maupun label kemasan!!, tentunya konsumen yang memandang pun akan melihat produk yang lebih menarik dimata mereka dengan kombinasi warna yang beragam, saat melihat kemasan yang polos tanpa label konsumen akan berpikiran bahwa produk tersebut adalah produk lama / usang yang belum di return/diganti dengan yang baru. sampai disini dapat dibayangkan bukan betapa desain kemasan produk sangat penting untuk kesuksesan penjualan produk.
Bentuk desain kemasan produk sangat beragam baik dari bentuk, ukuran maupun warna yang bergantung pada jenis produk seperti bentuk botol, boks aneka bentuk, tuba dan kemasan lainnya. Dalam hal ini seorang pelaku desain kemasan produk ataupun produsen yang akan membuat desain kemasan produk harus selalu memperhatikan bahwasanya tujuan utama anda membuat sebuah desain kemasan produk adalah untuk dapat menonjolkan dan membedakan kemasan anda diantara puluhan, ratusan bahkan ribuan produk sejenis yang disusun berdampingan sehingga dapat memudahkan seorang konsumen untuk mengenali produk anda walaupun hanya dari kejauhan.
menurut Wikipedia Desain Kemasan Produk/Packaging adalah ilmu, seni dan teknik membungkus atau melindungi sebuah produk untuk memudahkan dalam proses pendistribusian, penyimpanan dan penjualan serta penggunaannya. Desain kemasan Produk juga meliputi proses evaluasi, perancangan dan memproduksi kemasan. Dengan kata lain Desain Kemasan Kemasan Produk dapat dikatakan sebagai sebuah sistem yang tersusun dalam mempersiapkan sebuah produk agar siap dikirim, disalurkan, disimpan, maupun dipasarkan dan akhirnya dapat bermanfaat bagi konsumen.
Diharapkan bagi anda yang akan membuat sebuah karya desain kemasan produk agar tidak membuat desain kemasan produk tersebut secara sembarangan, beberapa faktor seperti perlindungan, ketahanan produk saat disimpan serta cara pengemasan produk juga menjadi bahan pertimbangan. Sebuah Desain Kemasan Produk harus juga menampilkan informasi penting yang singkat tentang produk tersebut agar seorang konsumen dapat mengenali jenis produk anda tanpa harus membuka kemasannya.
Desain kemasan produk yang informatif dan menarik menjadi tolak ukur keberhasilan penjualan produk anda di pasar. Berikut beberapa hal penting menurut kami yang perlu Anda perhatikan dalam membuat suatu desain kemasan produk.

1. Kreatif dan Unik
Desain Kemasan Produk
Jika anda berharap produk anda dapat dengan mudah diperhatikan konsumen maka buatlah desain kemasan produk anda sekreatif mungkin jika perlu unik agar beda diantara produk sejenis.

2. Hati-Hati dalam Memilih Jenis Huruf dan Warna
Desain Kemasan Produk
Ada baiknya memilih warna dalam membuat Desain kemasan produk disesuaikan dengan jenis produk, dan jika anda telah memiliki ciri khas warna perusahaan dapat juga dipadukan ke dalam desain kemasan produk
Untuk jenis huruf pastikan anda memilih bentuk huruf sesuai dengan produk dan jangan memilih bentuk huruf yang sulit terbaca.
Dalam pemilihan warna antara warna latar dan warna huruf harus tepat dan kontras. jangan menggunakan warna huruf hitam pada latar biru gelap atau merah maroon karena dapat dipastikan huruf tersebut akan sulit terbaca, untuk panduan anda dapat menggunakan indeks warna sebagai referensi paduan warna. (Indeks Warna akan menjadi Cerita Desain dalam posting berikutnya)

3. Pastikan Label Mudah Dibaca
Desain Kemasan Produk
Konsumen akan terlebih dahulu membaca informasi tentang produk yang akan mereka beli, dikarenakan mereka ingin mengetahui apa yang mereka beli, kualitas produk yang mereka beli dan apakah yang mereka beli itu telah benar sesuai apa yang mereka butuhkan. Maka pastikan konsumen dapat dengan mudah membaca informasi yang tercentum mengenai produk anda dengan cara membuat ukuran dan bentuk huruf sangat mudah dibaca, jangan terlalu kecil dan menggunakan huruf variasi sehingga konsumen membutuhkan waktu untuk dapat mengerti dan memahami produk anda, sedangkan konsumen tidak mempunyai waktu banyak untuk berlama-lama di depan etalase hanya untuk memahami produk anda sehingga dapat dipastikan konsumen akan mengambil produk lain yang memiliki desain kemasan produk lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami.

4. Manfaatkan Gambar
Desain Kemasan Produk
Manfaatkan gambar sebagai media pemberi informasi yang akurat, sebab masyarakat kita pada umumnya enggan untuk membaca text sehingga mereka akan memilih produk kemasan yang mudah dimengerti untuk memudahkan mereka untuk memilih jenis-jenis produk yang akan mereka beli dan usahakan dalam penggunaan gambar menggunakan gambar dengan resolusi tinggi agar gambar yang ditampilkan lebih jelas sebab gambar pada  desain kemasan produk juga merupakan alat untuk mempromosikan produk anda.

5. Buatlah Relevan
Desain Kemasan Produk
Dalam Desain Kemasan Produk buatlah bentuk huruf, warna dan gambar yang sesuai dengan produk anda. contoh kasus pada kemasan HOTDOG, jangan menempatkan gambar anjing (DOG) pada kemasan anda, karena anda dapat menyesatkan konsumen karena konsumen akan berpikir bahwa produk anda tersebut adalah makanan anjing atapun terbuat dari daging anjing.

6. Gunakan Bahasa Yang Tepat
Desain Kemasan Produk
Desain kemasan produk tidak hanya harus menarik tetapi juga memiliki tatanan bahasa yang tepat dari segi ejaan maupun paduan kata per kata, sebab terkadang konsumen menilai kualitas produk dari tatanan bahasa yang disampaikan dalam desain kemasan produk anda. Jika konsumen melihat banyaknya kesalahan dalam paduan kata ataupun kesalahan dalam ejaan bahasa serta informasi yang tidak sesuai dengan produk anda, sepintas konsumen akan berpikir bahwa anda membuat produk anda secara asal dan tidak bonafit karena tidak memiliki kontrol kualitas hal tersebut akan membuat konsumen berpaling dari produk anda dan tidak akan kembali lagi.

7. Jangan Melupakan Kenyamanan
Desain Kemasan Produk
Dalam membuat desain kemasan produk anda harus mempertimbangkan bahwa konsumen anda adalah orang sibuk yang menginginkan kemudahan dalam hidup mereka, maka buatlah desain kemasan produk yang tidak terlalu besar dan mudah dibawa karena semakin ringkas kemasan anda dapat dipastikan semakin banyak konsumen yang akan memilihnya karena faktor kemudahan untuk membawanya dan menaruhnya dimana saja mereka mau.

8. Terlihat Kokoh dan Kuat
Desain Kemasan Produk
Pastikan dalam membuat desain kemasan produk terlihat kokoh dan kuat dari segi bentuk hal  ini juga dipengaruhi oleh bahan yang akan digunakan nantinya sebab konsumen tidak akan memilih produk yang kemasannya tidak rapat, terbuka atau pun penyok, sehingga menjadi tugas anda dan tanggung jawab anda yang akan membuat kemasan produk mempertimbangkan faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan kemasan dalam melindungi produk anda agar kemasan tersebut tidak mudah rusak atau penyok saat hendak di distribusikan, atau saat disimpan maupun saat di susun di etalase/rak serta saat di bawa menggunakan kantong plastik. Jadi pastikan desain kemasan anda dan pemilihan bahan yang digunakan dapat tertutup rapat dengan sempurna dan tidak mudah penyok serta dapat melindungi produk anda di dalamnya.

9. Mudah Dibuka
Desain Kemasan Produk
Pastikan kemasan produk yang anda buat dapat dengan mudah dibuka sehingga konsumen tidak mengalami kesulitan saat akan menggunakan produk anda, hal ini mungkin sepele namun menjadi faktor penting karena konsumen yang tidak sabaran akan kesal dan menjadi tidak ingin membeli produk anda lagi hanya karena kemasan produk yang sulit dibuka. Sehingga dalam membuat desain kemasan produk perlu diperhatikan faktor tersebut dan pada saat membuatnya tidak mengalami kesulitan, ketika produk sampai ke tangan konsumen, mereka tidak membutuhkan bantuan bahan lain selain tangan mereka untuk membuka dan menggunakan produk anda.

Jika ternyata desain kemasan produk anda ternyata sulit dibuka, pastikan anda memberikan instruksi/informasi pada kemasan anda bila perlu gunakan gambar untuk cara membuka kemasan produk anda, hal ini diharapkan dapat memberi kemudahan kepada konsumen mengenai cara mudah untuk membuka kemasan produk anda.

10. Keep It Simple
Desain Kemasan Produk
Dalam Cerita Desain kami tidak bosan memberitahukan bahwa dibalik kesederhanaan terdapat kemewahan, artinya tidak selamanya desain kemasan produk yang fullcolor disertai ornamen yang berlimpah dan tulisan bagaikan cerita novel itu dapat menarik perhatian konsumen, sebab kebanyakan desain kemasan produk seperti itu menimbulkan kesan berantakan dan dapat menutupi identitas dari produk anda.

Desain Kemasan Produk

Buatlah desain kemasan produk yang sederhana yang dapat memberikan informasi yang jelas kepada konsumen mengenai produk anda, kesederhanaan dalam desain bukan berarti membiarkan kemasan produk tersebut polos tanpa warna maupun tulisan tetapi bermainlah dengan paduan warna yang tidak terlalu ramai kombinasikan dengan bentuk huruf yang juga mudah terbaca dan perhatikan bidang penempatan ornamen atau pun besar kecilnya tulisan pada bidang tersebut agar diperoleh penempatan yang terkesan rapi dan teratur tidak berantakan seperti pada penempatan ornamen bila tidak ditemui kecocokan maka akan tampak mengotori bidang yang ada.

Desain Kemasan Produk

Jika diinginkan model desain kemasan produk yang terkesan terhambur/berantakan maka buatlah dengan jiwa seni jangan membuatnya secara asal kemudian padupadankan dengan warna jika perlu sampai diperoleh desain kemasan produk yang cantik dan adanya kesan elegan nan mewah pada produk anda dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. 

Demikian beberapa tips yang dapat kami berikan dalam membuat desain kemasan produk semoga menjadi bahan masukan yang bermanfaat bagi kami sendiri dan juga bagi anda dalam membuat desain kemasan produk.

Silahkan tinggalkan komentar anda . . .
EmoticonEmoticon