Peran Kemasan dalam Penjualan Produk

Dalam penjualan suatu produk kemasan mengambil peranan penting didalamnya, baik itu dari segi bentuk kemasannya maupun dari desain kemasan, kemasan produk dapat mempengaruhi harga jual dari sebuah produk dan meningkatkan daya saing di pasaran. Konsumen semakin hari kian cerdas dan teliti terhadap produk yang akan dibelinya. Bentuk kemasan dan desain kemasan dapat memberi citra positif pada tingkat kepercayaan konsumen dan juga memberikan penilaian yang tinggi terhadap kualitas produk anda. Saat akan membeli suatu produk, konsumen akan melihat batas kadaluarsa suatu produk dan mencari legalitas dari produk tersebut serta melihat komposisi bahan yang digunakan.



Oleh karenanya, saat membuat sebuah kemasan anda harus memperhatikan desain dari kemasan anda dan bahan yang akan digunakan untuk mengemas produk anda. Desain kemasan dan bentuk kemasan juga mempengaruhi tingkat penjualan, sehingga desain kemasan perlu anda berikan perhatian khusus agar dapat menghasilkan desain kemasan yang memiliki nilai jual dan dapat mengangkat brand dan membantu penjualan produk anda.

Pertimbangan dalam pembuatan kemasan yang baik dan benar untuk produk anda dapat menjadi masalah tersendiri bagi pelaku bisnis rumahan (UMKM). Untuk membuat kemasan produk diperlukan investasi yang besar dan harus dibeli dalam jumlah yang sangat banyak sedangkan bagi pelaku UMKM yang tentunya masih memiliki keterbatasan penjualan sehingga berpengaruh pada besarnya produksi, dirasakan tentu sangat terbebani untuk mengadakan kemasan tersebut, hal ini diperlukan peran pemerintah terkait untuk membantu pelaku UMKM.

Terlepas dari permasalahan tersebut tuntutan dalam pembuatan kemasan untuk sebuah produk sangat penting dan menjadi ujung tombak dalam menarik minat konsumen. Oleh karenanya sebelum anda membuat bentuk kemasan dan desain kemasan anda terlebih dahulu harus memperhatikan beberapa faktor berikut :

Peran Kemasan dalam Penjualan Produk
 
Efektifitas

Saat membuat kemasan terlebih dahulu anda harus mempertimbangkan bahan yang akan anda gunakan untuk pembuatan kemasan dengan melihat kesesuaian terhadap kebutuhan dan sifat dari produk anda.

Mudah Dikenali

Kemasan yang akan anda buat haruslah menarik dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga mudah dikenali oleh konsumen serta terlihat berbeda dari produk sejenis dipasaran, sehingga dapat berdampak baik bagi penjualan anda.

Desain Ergonomis

Dalam pembuatan bentuk kemasan anda harus juga mempertimbangkan nilai ergonomis dari kemasan anda seperti kemasan yang anda buat mudah untuk dibawa kemana saja atau dipacking ketika akan dikirim, mudah dibuka, mudah diambil, tidak merepotkan ketika disusun dengan barang lain, dan kemudahan lainnya yang dapat anda berikan kepada konsumen anda.

Unsur Keindahan

Maksimalkan pemanfaatan gambar, huruf dan warna, juga atribut kemasan lainnya agar desain dan bentuk kemasan anda terlihat nampak menonjol dibanding kemasan produk lain sehingga dapat menarik konsumen untuk membeli dan membeli kembali. Keindahan dari desain kemasan anda tentunya dapat menjadi syarat utama dari sebuah desain, namun untuk mencari sebuah keindahan dalam desain tidak harus meletakkan segala sesuatu dalam desain anda karena desain anda menjadi tidak focus pada produk anda atau pada akhirnya malah tidak indah sama sekali karena adanya tulisan dan gambar yang saling tumpang tindih.

Keamanan Produk

Bentuk kemasan yang ada buat juga harus memperhatikan keamanan produk anda setelah berada dalam kemasan, diharapkan setelah produk anda dikemas maka terdapat perlindungan yang maksimal terhadap kontaminasi udara luar sehingga tetap terjaga kebersihannya sehingga kualitas produk pun tetap sama saat sebelum dikemas.

Kemudahan Saat Pengiriman

Bentuk kemasan produk yang anda buat harus juga mempertimbangkan ukurannya yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar agar saat pengiriman mudah untuk disusun dan dikemas ke dalam kemasan yang lebih besar lagi sehingga dapat memaksimalkan timbangan kurir pengiriman hal ini diharapkan dapat meminimalisir kerusakan produk anda saat pendistribusian.

Peran kemasan dalam penjualan produk sangatlah penting hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi anda guna kemajuan usaha anda. Semoga apa yang kami paparkan pada artikel ini dapat menjadi nilai tambah bagi pengetahuan kita bersama dan tentunya bagi anda yang sudah mengetahui peran kemasan dalam penjualan produk ulasan ini merupakan pengingat kembali atas apa yang mungkin sempat anda lupakan.

Silahkan tinggalkan komentar anda . . .
EmoticonEmoticon